Harap Tunggu

Bimtek Aplikasi SIMASTOP
Sistem Informasi Persediaan dan Stock Opname
Oleh Harry Harriyanto, A.Md. 28 Nov 2019, 10:32:24 | dibaca 34 x | Kategori Kedinasan
Bimtek Aplikasi SIMASTOP

Keterangan Gambar : kegiatan dibuka oleh Kepala BPKAD Kab. Tanah Laut (Muhammad Darmin, S.IP., M.Si.)


Kamis (28/11/2019) - Bidang Pemanfaatan dan Pengendalian Aset BPKAD Kab. Tanah Laut menyelenggarakan Bimtek Aplikasi SIMASTOP di Aula BPKAD. Narasumber didatangkan langsung dari CV. Technophoria Yogyakarta sekaligus sebagai Developer Aplikasi Simastop tersebut. Yaitu Sdr. Dhani Kuncoro (Kepala Programer) dan Tri Wicaksono Slamet Sentiko (Programmer). Acara ini ditujukan kepada seluruh Pengurus Barang SKPD lingkup Pemkab Tanah Laut. Acara dibagi 2 (dua) sesi mengingat ruangan yang tidak begitu luas dan agar narasumber lebih komunikatif dengan peserta yang tidak terlalu banyak.

Persediaan merupakan aset lancar dalam bentuk barang atau perlengkapan yang dimaksudkan untuk mendukung kegiatan operasional pemerintah, dan barang-barang yang dimaksudkan untuk dijual dan/atau diserahkan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

Mengacu Permendagri 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, pengurus barang wajib membuat laporan persediaan barang habis pakai per semester. Persedianaan, nilainya di Neraca tidak sebesar nilai Aset Tetap tetapi sering menjadi pengecualian oleh Auditor. Permasalahan umum persediaan menjadi pengecualian adalah bahwa sistem pencatatan dan pelaporan persediaan belum memadai. Oleh karena permasalahan itu maka BPKAD Kab. Tanah Laut berinisiatif bekerjasama dengan CV. Technophoria Yogyakarta untuk membuat sebuah aplikasi persediaan yang dinamai SIMASTOP ini.

Simastop adalah sistem informasi manajemen persediaan dan stock opname, ditujukan untuk mengelola barang persediaan pakai habis pada lingkungan instansi pemerintah, aplikasi dimulai dari pendataan stock opname barang habis pakai yang akan menjadi stock awal barang persediaan, stock tersebut akan ditambahkan dengan pengadaan barang persediaan pada tahun berjalan, sisa stock tahun berjalan tersebut akan menjadi stock awal pada tahun berikutnya. (jib)




Posting Terkait :
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Web Links

  • Pemkab Tanah Laut
  • Lapor !
  • SIMANTAP